SOSIALISASI WEBSITE PENDATAAN DAN PELAPORAN PEMANTAUAN LINGKUNGAN PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA

Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara mengadakan sosialisasi mengenai Sistem Informasi Manajemen (SIM) Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batubara yang dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2013 bertempat di Hotel Jayakarta. Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Teknik Tambang dan/atau Manager Lingkungan baik PKP2B maupun KK. Hal ini sejalan dengan semangat penerapan good governance dalam penyelenggaraan kegiatan pengawasan lingkungan pertambangan mineral dan batubara,

Aplikasi SIM Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batubara, yang menyediakan modul-modul untuk diakses oleh masing-masing admin perusahaan adalah sebagai berikut:

1.    Modul SIM Reklamasi;

2.    Modul SIM Pascatambang;

3.    Modul SIM Pemantauan Lingkungan;

4.    Modul SIM Pengelolaan Lingkungan;

Modul-modul tersebut diinput oleh Perusahaan yang telah diberi hak akses oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara. Kegiatan SIM Pemantauan Lingkungan diperuntukkan untuk data pengukuran kualitas air, dan tidak menghilangkan kewajiban perusahaan untuk melaporkan dokumen TRIWULAN RKL/RPL.

SIM Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batubara ini bertujuan untuk memberikan transparansi dan kebebasan dalam memperoleh informasi mengenai kemajuan pembukaan lahan dan kemajuan kegiatan reklamasi pertambangan mineral dan batubara di Indonesia.



Sumber: TIM (CM, DA)

sumber: